Maaf Muhammad

Entah telah berapa Maulid yang kulewatkan. Mungkin hanya satu dua yang berkesan. Kesan yang mungkin jauh dari substansi kesyukuran akan eksistensimu Muhammad.

Kesan yang lebih kental misi mendapatkan bambu berhias kertas warna warni. Yang sebenarnya bukan itu intinya, tapi sebiji telur yang tergantung di ujungnya.

Kenangan itu, saat kami yang anak-anak tak hentinya memandangi batang pisang di dalam masjid. Tak sabar menunggu acara doa selesai. Saat tiba masa dimana semuanya larut berebut sajian yang ditancap rapi.

Hingga kemarin, Maulid bagiku tak lebih dari itu. Sedikit pelengkap pada argumen kosong tentang hari kelahiran nabi terbesar sepanjang sejarah. Cukup sampai disitu.

Di kemudian hari, saat entah roh dari mana menyusupi. Saat keilmuan serasa begitu nikmat. Ketika rasanya waktu terhenti untuk selamanya saat sedang mendiskusikan sesuatu.

Tiba-tiba bid’ah terbersit. Tentang stigma moderat dan sejumlah dalil yang tak hentinya dikupas. Perlahan ingin meruntuhkan kebahagiaan satu-satunya yang kupunya tentangmu Muhammad.

Tentang telur dan ketaksabaranku hendak mendapatkan yang paling banyak. Tentang dada membusung ku ketika menjadi peserta dengan raihan telur tertinggi.

Aku berontak tentunya. Itu harta ku satu-satunya yang kudapat dari kesan dirimu dulu. Apalagi yang tersisa? Jika kebahagiaanku itu harus diruntuhkan dengan bom bid’ah. Aku tak terima.

Maulid demi maulid pun terus berlalu. Suasana desa ku berganti drastis. Bahkan sempat terlupa, maulid ini tentang kelahiran atau hari mangkat sang nabi besar.

Begitulah adanya. Masyarakat desa entah kenapa memang lebih kental tentang nuansa kedalaman. Tentang menghargai dan mengagungkan sesuatu. Mungkin subjektiv, tapi itulah rasanya.

Hingga Maulid kali ini. Tepat di Kamis 24 Desember 2015. Saat rasanya air mata hendak jatuh. Tentang waktu yang habis untuk berdebat terkait klaim benar dan salah. Yang sesungguhnya sia-sia.

Jauhnya diri dari substansi. Pada rasa syukur tentang nikmat. Kepada seorang manusia berstatus nabi, yang menjadi kekasih dari pencipta para kekasih.

Maaf Muhammad, dimana lagi harus kuungkapkan. Kehinaan apa lagi yang harus kudera. Terima kasih untuk segala hal tentangmu Muhammad.

Sesungguhnya, hingga saat ini aku belum benar-benar mengikutimu. Aku masih lebih senang ke tempat hiburan dibanding ke majelismu Muhammad.

Hidupku masih tergantung pada penguasa penguasa kecil yang berlabel atasan. Belum sepenuhnya pada ajaran dan Tuhan mu.

Maafkan Muhammad, ibadahku masih kadang sebatas kepentinganku. Melalui doa-doa ku yang kering. Untuk sesuatu yang kuinginkan selain yang kau pesankan.

Maafkan Muhammad, untuk telur-telur yang kuhabiskan. Padahal diriku lupa memanjatkan syukur kepada Sang Pemberi sejati yang kau puja.

Maafkan untuk segala cinta yang lupa kusisakan untukmu. Sebab sesungguhnya, cinta kepadamu lah yang tak lebih agung dari yang lain. Yang akan mengantarkanku ke pecinta sejati.

Maafkan…
Jumat, 25 Desember 2015 (01:13 Wita)

By Jumardin Akas

Tinggalkan komentar